UH 2 SMSTER 2 KLS 9. KLIK LINK DI BAWAH
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc05zoc0_Fu_Q_g7JJXR1YXZLG3kGjSzQ0BJHCTwyUIjTc7hQ/viewform?usp=sf_link
II
|
MENGIDENTIFIKASIKAN BEBERAPA
LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET
|
1
|
LAYANAN INTERNET
|
1. BROWSING
Browsing adalah kegiatan mencari data dalam internet. Kegiatan
mencari data dapat dipermudah dengan menggunakan fasilitas search engine (mesin
pencari) dalam internet. Adapun mesin pencari yang populer saat ini dimiliki
oleh website www.google.com, www.yahoo.com, www.altavista.com, dll.
1. EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau
pos elektronik
(disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa
Inggris "e-mail atau email" (ejaan
Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman
(dengan membeli perangko),
tetapi surat
elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon
genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
2. BLOG
Media blog pertama
kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada
akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi
yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada
perkembangan para penulis
blog tersebut.
Blog mempunyai
fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam
sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan
perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal,
sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang
memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat
memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari
tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau
yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang
saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog
sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang
aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk
beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere,
maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Karena semakin
banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering
berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas
kumpulan blogger.
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) dilakukan hampir setiap
waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui
sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa
ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada
banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para
blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang
terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya
tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog
menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata,
dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif
ditemukan dalam blog-blog.
3. MAPS
Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan
oleh Google
dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta
yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia.
Selain Google Maps, terdapat pula
Yahoo!Maps.
4. ENSIKLOPEDI
Wikipedia adalah ensiklopedia multibahasa dalam jaringan internet yang disusun agar dapat dibaca dan
disunting oleh siapa pun juga. Isinya ditulis secara bersama-sama oleh para
penggunanya. Wikipedia diawasi dan didukung oleh Yayasan Wikimedia,
sebuah lembaga nirlaba.
Keistimewaan
Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah
ensiklopedia, ia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal
sebagai projek sampingan Nupedia,
ensiklopedia bebas online yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger,
yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia
berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia [1]. Lima
hari kemudian Wikipedia pun resmi diluncurkan.
Isi Wikipedia dapat
diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah
artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi,
tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering
terjadi "kesulitan" yang unik, lihat Wikipedia:Mengapa
Wikipedia tidak begitu hebat. Tetapi ia pun memiliki sistem
"penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut, lihat Wikipedia:Balasan terhadap
penolakan umum.
Wikipedia yang
berbahasa Indonesia
memiliki alamat http://id.wikipedia.org
2
|
IDENTIFIKASI E-MAIL DI INTERNET
|
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada
hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh
khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun
penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Anatomi Ratel,
sebagai contoh:
emailsaya@kediri.mgmp.net.id
|
Keterangan:
·
emailsaya: nama kotak surat
(mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
·
kediri.mgmp.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
·
kediri : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya
merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
·
mgmp: nama domain, biasanya menunjukkan nama
perusahaan/organisasi/perorangan (mgmp)
·
net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini
termasuk kategori networking (net)
Untuk mengirim surat
elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui
beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram
dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.
Saya menulis
surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya →
Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si
penerima) → surat dibaca si penerima
Terlihat surat
elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan
penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server
maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita
kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim
mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan,
dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya
menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam
sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan
satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di
server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
Dengan
cara menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based,
artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik.
Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam
keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya
disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
Menggunakan
program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora
Mail, Outlook Express, Mozilla
Thunderbird, Mutt.
Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi
yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik
tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat
elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus.
Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi
penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika
dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat
elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
·
Jangan
mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar
(lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan
ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima,
sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga
bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang
jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim)
penggunanya,
·
Jangan
mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi
orang yang dituju.
·
Selalu
isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
·
Dalam
mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau
gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
·
dalam
menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja,
selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
·
dalam
mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan
rujuk ke tulisan aslinya.
·
Jangan
menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
·
Gunakan
kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan
berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
·
Keamanan data di
surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum,
dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh
karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai
di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik
yang dikirimkan tersebut.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah
PGP (Pretty Good Privacy). Dengan
memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat
mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat
repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP,
dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi
pesan dengan kunci tersebut).
KAMUS E-MAIL
Istilah
|
Keterangan
|
CMIIW
|
Correct me If I’m Wrong (tolonglah
koreksi saya kalau salah informasinya)
|
FYI
|
For You Information ( Perlu juga anda
ketahui)
|
BTW
|
By The Way ( omong-omong asal)
|
YW
|
Your Welcome ( terima kasih kembali)
|
IWMP
|
It Was My Pleasure ( kebahagiaan saya
untuk membantu)
|
NP
|
No Problem ( tidak usah dipermasalahkan)
|
IMHO
|
In My Humble Opinion ( Pemikiran saya yg
sederhana)
|
RTFM
|
Read The F**king manual ( baca dong
manualnya dulu)
|
LOL
|
Laugh Out Loud ( ketawa keras
terbahak-bahak)
|
ROFL
|
Rolling On the Floor Laugh ( ketawa
sampai terguling di lantai)
|
AFAIK
|
As Far As I Know ( sejauh yg saya
ketahui)
|
ASAP
|
As Soon As Possible ( sesegera mungkin)
|
TIA
|
Thank in advance ( terima kasih
sebelumnya)
|
GBU
|
God bless U (
Tuhan memberkatimu)
|
BFN
|
Bye For you ( dah…. Nanti di sambung
lagi)
|
CU lt
|
See you later ( sampai ketemu lagi)
|
HAYT
|
How Are You Today ( gimana kabarmu hari
ini )
|
IAFAU
|
I am Fine and You ( saya baik saja dan
anda ? )
|
WB
|
Welcome Back ( sampai jumpa lagi)
|
BRB
|
Be Right Back ( sebentar, segera kembali)
|
Japri
|
Jalur pribadi
|
Jarum/jalum
|
Jalur umum
|
BFN
|
Bye for now
|
HTH
|
Hope This helps (Minta bantuan dong…)
|
OTOH
|
On the Other hand
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar